Juknis Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional ( UN ) Jenjang SD Tahun 2019

I. PENDAHULUAN Pusat Penilaian Pendidikan mengembangkan sistem Pendataan Calon Peserta Ujian Sekolah/Madrasah 2019 SD/MI berawal pada pelaksanaan US/M tahun ajaran 2017/2018 yang mana masih terkendala dalam penyelengaraan pendataan baik teknis maupun non-teknis. Pendataan Calon Peserta Ujian Sekolah Madrasah pada tahun 2019 telah mengalami perubahan untuk tercapainya kualitas data demi terwujudnya Satu Data yang mengacu kepada peraturan Pendataan Calon Peserta Ujian Sekola/Madrasah yang berlaku. 

Dengan melihat kepada permasalahan yang ada, kami merasa perlu merubah metode pendataan yang biasa di gunakan dan melakukan peningkatan sistem Pendataan Calon Peserta Ujian Sekolah/Madrasah 2019 SD/MI. Karena hal tersebut kami membuat “Panduan Sistem Pendataan Calon Peserta Ujian Sekolah Madrasah daring 2018” untuk mempermudah penggunaannya.

Panduan ini merupakan gabungan dari beberapa modul Sistem Pendataan Calon Peserta Ujian Sekolah Madrasah secara daring 2019, yang khusus membahas pendataan calon peserta secara online.

Kami berharap “Panduan Penggunaan Sistem Pendataan Calon Peserta Ujian Sekolah Madrasah daring 2019” ini dapat bermanfaat sebagai pegangan atau referensi bagi tenaga-tenaga teknis komputerisasi US/M di seluruh Indonesia untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam mengoperasikan program yang kami buat.. 

Juknis Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional ( UN ) Jenjang SD Tahun 2019

II. SPESIFIKASI 

A. Spesifikasi Hardware 

Pada modul ini akan dijelaskan mengenai spesifikasi komputer yang akan digunakan untuk melakukan proses pengentrian ke dalam sistem Pendataan online. Dimana spesifikasi tersebut akan dibagi menjadi 2 yaitu sepesifikasi perangkat keras (Hardware) dan spesifikasi perangkat lunak (Software). Untuk perangkat keras sebaiknya komputer yang digunakan tidak akan terasa lambat dalam menjalankan aplikasi atau pun menampilkan informasi dari internet, bebas virus atau pun gangguan Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional 2019 – Tingkat SD/MI 2 lainnya yang disebabkan oleh perangkat keras ataupun sistem operasinya. Berikut Rekomendasi untuk Perangkat Keras dan Perangkat Lunak. 

1. Perangkat Keras Sebaiknya menggunakan komputer dengan spesifikasi minimum : 

Prosesor : Pentium III dan diatasnya (atau AMD Athlon XP) 
Memori : 128 MB 
Adapter : VGA 16 Bit (32 Mb) dengan resolusi 1024 x 800 
Printer : Laser jet / Deskjet (printer tinta atau laser) 

2. Perangkat Lunak Dalam hal ini lebih menunjuk ke dalam sistem operasi (OS) yang digunakan minimum Windows XP Home / Profesional Edition 

B. Spesifikasi Software Pada modul ini akan dijelaskan mengenai spesifikasi aplikasi yang harus tersedia atau terinstall di dalam komputer user yang berhubungan dengan proses pengentryan data. 

1. Browser Internet Merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk menampilkan halaman-halaman web yang berhubungan dengan proses pengentrian data, pengolahan atau pengeditan data. Browser ini sangat diperlukan karena modul-modul dalam sistem Pendataan Calon Peserta US/M daring adalah berupa halaman web yang diletakkan pada situs World Wide Web (www). Sehingga memungkinkan user melakukan proses entry pendaftaran siswa melalui jaringan internet tanpa harus menggunakan aplikasi khusus. Detail spesifikasi browser yang disarankan adalah : 
Nama Browser : Mozilla Firefox Versi Terbaru 
Produksi : Mozilla 

2. Microsoft Excel Merupakan suatu aplikasi keluaran Microsoft Corporation yang digunakan untuk menampilkan informasi dalam bentuk spreadsheet. Aplikasi ini dibutuhkan untuk mendukung sistem Pendataan Calon Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional 2019 – Tingkat SD/MI 3 Peserta US/M daring karena Laporan yang dihasilkan ada dalam bentuk xls (entension dari microsoft excel). Sehingga dengan bantuan atau fitur-fitur yang tersedia di microsoft excel memungkinkan Anda untuk mempercantik bentuk tampilan laporan sebelum Anda mencetaknya. Detail spesifikasi minimum yang diminta adalah: 
Nama : Microsoft Excel versi 2000 atau diatasnya 
Produksi : Microsoft
dan untuk lebih jelasnya silahkan unduh filenya pada link yang sudah saya siapkan di bawah ini.
ok itulah sedikit info tentang Juknis Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional ( UN ) Jenjang SD Tahun 2019, semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kita semua ya. jangan lupa untuk di share juga ya. terimaksih
loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Juknis Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional ( UN ) Jenjang SD Tahun 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...