Perlengkapan Sekolah Yang Wajib Dimiliki Siswa SD Sampai SMA

Sekolah adalah tempat utama dalam belajar selain dari rumah. Demi melancarkan proses belajar di sekolah tentu saja para murid/siswa harus mempunyai perlengapan yang dibutuhkan untuk belajar. Jika tidak punya, maka murid/siswa akan kesulitan untuk mengikuti proses pembelajaran dan juga akan sulit untuk mengerjakan tugas.

Apa saja perlengkapan/peralatan yang harus dipunyai oleh siswa SD, SMP, dan SMA?

Perlengkapan Sekolah Jenjang SD Sampai SMA

1. Pensil


Tak dapat dipungkiri bahwa pensil adalah kebutuhan dasar untuk semua murid bahkan berbagai kalangan, karena menulis dengan pensil dapat dihapus dengan bersih tanpa bekas maka pensil mempunyai poin plus tersendiri.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Seperti, apakah Anda tahu perbedaan pensil HB dan 2B?

Mungkin terkesan sepele dan tidak terlihat perbedaannya toh sama-sama pensil. Eits, tapi kalau diperhatikan lebih jeli/teliti kita akan menemukan sebuah perbedaan.

Perbedaan tersebut terletak pada kehitaman dari pensil tersebut dan jika dilihat lebih dekat pensil 2B lebih hitam daripada pensil HB.

Lalu, HB itu apa sih?

Pensil sendiri adalah sebuah produk hasil campuran antara grafit dengan tanah liat. Rasio dalam pembuatan pensil dari dua bahan tersebut menentukan tingkat kehitaman pensil. Semakin sedikit tanah liat maka pensil akan semakin hitam. Semakin banyak tanah liat semakin keras pensil tersebut dan kehitaman pensil akan berkurang.

Di dunia pensil ada 3 huruf yang digunakan untuk membedakan:

H merupakan singkatan dari kata Hardness yang berarti tingkat kekerasan biasanya menggunakan skala 1H-9H, dengan semakin tinggi angka maka semakin keras pensil tersebut.

B merupakan singkatan Blackness yang berati tingkat kehitaman, skala yang digunakan mulai dari B, 1B-9B, namun ada juga yang 9xxB. Semakin tinggi skalanya biasanya semakin hitam namun pensilnya biasanya semakin lembek.

F berasal dari kata Fine, kode ini biasanya diperuntukkan untuk menulis. Namun, jarang terlihat di toko-toko alat tulis. Namun, penulis sendiri pernah melihat pensil yang bertuliskan HF.

Walaupun perlu diketahui bahwa tingkat kehitaman bisa berbeda-beda tergantung perusahaan mana yang membuat.

Nah, setelah mengetahui hal-hal diatas. Lalu, pensil dengan kode apa yang paling baik untuk dibawa?

Yang paling baik adalah pensil dengan kode 2B, kehitamannya dirasa pas untuk menulis dan juga enak untuk dipegang. Selain itu, pensil 2B sering sekali dipakai untuk ujian. Jadi, alangkah lebih baik jika sudah dibiasakan menggunakan pensil 2B dari kecil.

Ingat! Bukan pensil mekanik namun pensil biasa.

2. Penghapus


Setelah membahas pensil maka sudah sewajarnya untuk membahas pasangan sejatinya, yaitu Penghapus. Penghapus yang berguna untuk menghapus pensil ini memiliki perbedaan juga yang terletak pada jenis bahan penghapus itu sendiri. Namun, perbedaan itu tidak terlalu berasa jika digunakan untuk menghapus tulisan saja. Jadi, tidak perlu dibahas lebih jauh kecuali Anda akan menggambar.

Sekedar informasi saja, bahwa penghapus yang banyak beredar terbuat dari bahan Vinil.

3. Bolpoin


Bolpoin atau biasa disebut pulpen merupakan alat tulis yang menggunakan tinta sebagai bahan utama. Kelebihan tinta adalah lebih jelas daripada pensil namun lebih sulit untuk dihapus. Bisa menggunakan tipp-ex namun akan terkesan berantakan dan belepotan.

Sebenarnya tidak masalah jika Anda mau memakai pulpen semenjak SD namun untuk para Orang Tua disarankan untuk memberikan pulpen atau bolpoin setelah mereka bisa belajar sendiri biasanya di kisaran kelas 4 SD. Karena biasanya di kelas 1-3 SD masih latihan membaca dan menulis maka alangkah lebih baik menggunakan pensil agar mudah menghapus kesalahan ketika latihan menulis.

4. Penggaris

Alat ukur ini tidak hanya berfungsi untuk mengukur tapi juga membuat garis-garis yang diperlukan dalam menggambar, membuat tabel, dll. di beberapa mata pelajaran. Sehingga para siswa harus memilikinya.

5. Busur

Benda yang dipergunakan untuk mengukur sudut ini diperlukan untuk pelajaran Matematika dan akan digunakan pada saat kelas 5 SD dan seterusnya. Busur ini biasanya terdapat dalam dua jenis bahan yaitu plastik dan kaca, tidak ada perbedaan lain selain itu. Jadi, Anda bebas mau membeli yang mana.

6. Pengserut

Pengserut atau yang sering disebut juga rautan adalah alat untuk memperuncing pensil. Alat ini tentu saja harus dimiliki setiap siswa agar pensilnya tetap enak untk digunakan, karena pensil yang tumpul itu tidak enak untuk digunakan dan hasil tulisannya pun tidak serapih kalau pensilnya tajam. Selain itu, terkadang jika pensilnya tumpul hasil tulisannya tidak sehitam jika pensil itu runcing. Jadi, jangan lupa untuk membelinya ya!

Baca Juga: Cara Belajar Yang Baik

7. Stabilo

Stabilo? Untuk apa?

Alat yang satu ini berguna lho untuk men-highlight atau mewarnai kalimat yang penting di dalam buku paket. Jadi, ketika ingin mepelajari atau ingin mengingat-ingat kembali akan menjadi lebih mudah karena tinggal membaca kalimat-kalimat penting yang telah diwarnai.

Selain itu, Stabilo ini bisa kalian gunakan untuk mewarnai rangkuman kita agar terlihat lebih indah karena stabilo sendiri hadir dengan berbagai macam warna yang bisa kita pilih. Sehingga, menambah semangat dan tidak membuat cepat bosan ketika melihat rangkuman yang kita buat sendiri.

8. Tempat Pensil


Setelah membahas alat-tulis tidak afdol jika kita tidak membahas tempat untuk menyimpannya. Sudah pasti tempat pensil adalah wajib dimiliki sifatnya. Dikarenakan, jika tidak mempunyai benda yang satu ini kemungkinan hilangnya perlengkapan akan semakin tinggi. Jadi, carilah tempat pensil yang cocok untuk kalian dan carilah yang bisa memuat seluruh perlengkapan alat-tulis yang kalian punya.

9. Buku Tulis dan Buku Gambar

Buku tulis adalah hal dasar yang wajib untuk dimilki karena disitulah kita menulis materi yang diterangkan oleh guru. Penulis sarankan untuk memiliki satu buku tulis untuk satu mata pelajaran agar mudah untuk mereviewnya dan diberi sampul serta nama serta buku itu untuk mata pelajaran apa juga ditulis agar jelas. Jika menurutmu boos dan ingin satu buku 2 mata pelajaran, itu juga boleh asal diberi batas yang jelas dan tidak dicampur.

Sebenarnya untuk jenis dan ukuran buku tidak menjadi masalah namun dari pengalaman pribadi ada guru dan ada sekolah yang mewajibkan muridnya untuk memakai buku tulis jenis Big Boss. Bedanya apa? Bedanya buku tulis ini lebih besar dan panjang, penulis akui buku tulis jenis ini lebih enak untuk merangkum dan mengerjakan tugas karena halamannya yang luas sehingga tidak cepat membalik halaman.

Kekurangnnya harganya memang cukup mahal dan jumlah kertasnya pun sedikit serta karena bukunya sendiri lebih besar sehingga lebih boros sampul.

10. Kalkulator Scientific


Mungkin untuk anak SD dan SMP belum memerlukan alat yang satu ini. Namun, akan menjadi kewajiban bagi kita yang akan duduk maupun sedang duduk di bangku SMA Jurusan IPA. Mengapa? Karena kalkulator jenis ini dibutuhkan untuk membantu dalam menghitung di pelajaran kimia dan fisika. Walaupun lebih banyak digunakan pada saat pelajaran kimia(berdasarkan pengalaman penulis).

Jadi, persiapkan kalkulator ini dan jagalah baik-baik karena harganya cukup mahal.

11. Papan Jalan atau Papan Ujian


Entah di daerah kalian disebut apa namun di daerah penulis papan ini disebut papan jalan karena papan ini bisa dibawa kemana-mana dan biasa dipakai ketika field trip.

Perlengkapan yang satu ini wajib kita punya jika kondisi meja di sekolah tidak baik. Jadi, sebelum membeli ini silahkan cek meja di sekolah masing-masingterlebih dahulu.

Lalu, untuk siswa SMA mungkin akan memerlukan ini untuk ujian SBMPTN nanti maupun ujian Mandiri karena itu tadi meja di lokasi ujian belum tentu baik. Jadi, lebih baik punya papan ini agar pada saat menghitamkan lembar jawaban bisa dilakukan dengan benar dan rapi.

12. Tas

Setelah membahas printilan-printilan kecil perlengkapan. Tak lengkap jika kita tidak membahas perlengkapa untuk membawa semua perlengkapan di atas bukan?

Nah, untuk yang satu ini penulis punya saran. Carilah tas yang cukup besar sehingga bisa memuat semua buku pelajaran beserta perlengkapan lainnya di tas pada hari tersibuk. Atau jika tidak mau membebani pundak kalian dengan bawaan yang berat kalian bisa menggunakan goodie bag untuk menyiman sebagian buku dan perlengkapan.

Saran lainnya, carilah tas yang memiliki pelindung hujan. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa cuaca tidak bisa ditebak, jadi lebih baik antisipasi dengan memiliki tas yang ada pelindung hujannya agar buku dan perlengkapan kalian tidak basah sama sekali.

13. Seragam


Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang mewajibkan para siswanya untuk mengenakan seragam ketika bersekolah mulai dari SD hingga SMA. Jadi, tentu saja seragam adalah perlengkapan sekolah yang wajib dimiliki oleh kita semua.

Biasanya untuk pakaian putih-merah, putih-biru, dan putih abu-abu serta seragam pramuka itu sama untuk semua siswa di Indonesia. Namun, karena seragam batik, seragam hari jumat, dan seragam olahraga itu biasanya dibuat oleh sekolah maka jangan lupa untuk membelinya.

Tapi, jangan lupa dengan hal-hal kecil seperti dasi, ikat pinggang dengan logo tertentu, lokasi sekolah, dll. sesuai dengan peraturan sekolah masing-masing. Jangan sampai lupa! Ga mau kan dihukum oleh guru karena hal ini?

Juga, ada hal penting. Dikarenakan populernya model celana "pensil", banyak siswa yang mau mengikuti tren ini. Sehingga, mereka pergi ke tukang jahit untuk mengecilkan lingkar celana bagian betis dan paha. Padahal, aturannya adalah lubang celana di kaki harus bisa dimasukkan kepalan tangan jadi lubangnya harus selebar kakimu di bagian mata kaki ditambah sekepalan tanganmu.

Jangan sampai celanamu digunting karena hal ini ya!

14. Sepatu dan Kaus Kaki


Pastikan bahwa sepatu yang digunakan adalah sepatu hitam bukan sepatu bola atau futsal dan bukan sepatu yang berwarna-warni. Harus dominan hitam. Sepertinya semua sekolah di Indonesia memiliki peraturan seperti ini. Walaupun kadang ada sekolah yang membebaskan siswanya untuk memakai sepatu jenis apapun da warna apapun pada hari Jum'at namun di hari lainnya tetap warna hitam. Jadi, utamakanlah membeli sepatu warna hitam sebelum membeli sepatu lainnya.

Sekolah pun biasanya mengatur mengenai kaus kaki. Kaus kaki yang diperkenankan adalah kaus kaki berwarna putih polos tanpa ada gambar. Berdasarkan pengalaman penulis diperbolehkan kaus kaki berwarna hitam-putih dengan putih yang berada di bagian atas seperti di gambar di atas.

Kaus kaki panjangnya pun harus diatas mata kaki. Jadi, jangan membeli kaus kaki yang bergambar ataupun berwarna seperti kaus kaki bola.

Itulah dia 14 perlengkapan yang kita punya untuk menunjang belajar di sekolah baik di jenjang SD, SMP, maupun SMA yang di lansir dari teknik-belajar

semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kita semua ya. dan jjangan lupa juga untuk di share y , terimaksih dan Selamat Belajar!
loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perlengkapan Sekolah Yang Wajib Dimiliki Siswa SD Sampai SMA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...