Mantap Waktu Pendaftaran Pretest Calon Peserta PPG Dalam Jabatan Tahun 2018 Di Perpanjang

Mantap Perpanjangan Waktu Pendaftaran Pretest Calon Peserta PPG Dalam Jabatan Tahun 2018 - ok teman - teman semua kali ini admin DHGTK akan membagikan informasi mengenai Pelaksanaan Perpanjangan Waktu Pendaftaran Pretest Calon Peserta PPG Dalam Jabatan Tahun 2018, dikarenakan yang daftar PPG Dalam Jabatan Tahun 2018 belum mencapai target, maka untuk itu terdapatlah perpanjangan waktu pendaftaran calon peserta PPG Dalam Jabatan.


Apakah bapak ibu guru yang belum sertifikasi belum mendaftar PPG dalam jabatan atau sudah daftar namun ditolak untuk perbaikan namun belum memperbaiki ajuan namun waktu pendaftaran sudah usai? Seperti yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya. Pendaftaran PPG berakhir pada tanggal 2 Maret 2018.


Ini merupakan kabar gembira bagi yang belum mendaftar atau terlambat untuk memperbaiki pengajuan PPG Dalam Jabatan. Dirjen GTK Kemendikbud telah menerbitkan surat edaran dengan nomor : 5793 / B.B4 / GT / 2018 tanggal 7 Maret 2018 perihal Perpanjangan Waktu Pendaftaran Pretest Calon Peserta PPG Dalam Jabatan.

Surat tersebut menindaklanjuti surat sebelumnya dari dirjen GTK perihal pendaftaran Calon Peserta PPG dalam jabatan yang isinya tentang informasi pendaftaran PPG dalam jabatan, syaratnya, mekanisme pendaftaran, jadwal, dan tabel liniritas ijasah dengan bidang studi PPG. Dalam jadwal pada surat tersbut batas akhir pendaftaran PPG dalam jabatan berakhir pada tanggal 2 Maret 2018.

Dengan mempertimbangkan progres pendaftaran sampai dengan tanggal 2 maret 2018 bahwa jumlah guru yang mendaftar masih belum mencapai target yang diharapkan. Bisa dilihat dari masih banyak guru yang belum lulus pretest PPG dalam jabatan pada tahun 2017 yang belum mendaftar ulang.

Sebelum terbit surat ini saya menerima keluh kesah dan juga pertanyaan yang belum bisa saya jawab pada saat itu. Gimana kalau saya terlambat mendaftar PPG dalam jabatan? Pada saat itu saya jawabnya sabar dulu mari kita tunggu informasi di kemdikbud. Karena di sekolah, dinas pendidikan, LPMP ya mengikuti kebijakan dari kemdikbud.

Mari kita analisa kira - kira kenapa kemarin ada guru yang belum mendaftar PPG dalam Jabatan atau guru yang terlambat mendaftar PPG dalam jabatan.

Beberapa alasan kenapa guru belum mendaftar atau belum memperbaiki ajuan adalah

a. Guru tidak mengetahui informasi pendaftaran PPG dalam jabatan,

b. Guru tidak mengetahui batas akhir pendaftaran PPG dalam jabatan,

c. Guru tidak memantau progres pendaftaran PPG dalam jabatan, ada yang ditolak, tapi belum memperbaiki pengajuan.

d. Guru mendaftar pada batas akhir pendaftaran yaitu tanggal  2 maret 2018, yang di verifikasi LPMP dengan status ditolak untuk perbaikan, namun belum memperbaiki pengajuan

Dari pengalaman diatas dapat diambil pelajaran sebagai berikut :

1. Informasi tentang pendaftaran PPG dalam jabatan ini sangat ramai diperbincangkan. Informasi tentang PPG bisa didapat dari banyak sumber berita, bisa dari Dinas Pendidikan, rekan guru yang lain, website resmi dinas, website resmi kemdikbud, blog seperti blog dhgtk.com ini, dari mesin pencarian google juga sangat banyak artikel yang membahas tentang PPG. Saran saya rajin – rajin lah mencari informasi tentang PPG dari banyak sumber yang ada. Namun juga perlu di filter mana informasi yang benar, mana informasi yang tidak benar. Hindari informasi yang tidak benar.

2. Dinas Pendidikan setempat pasti mengumumkan tentang PPG dalam jabatan, selalu pantau informasi dari Dinas Pendidikan setempat.

3. Informasi juga bisa di dapatkan dari facebook, seperti blog ini jika ada update informasi juga kami update di halaman facebook kami, silakan like fb.me/dhgtk, untuk mendapatkan informasi yang update yang berkaitan dengan guru.

4. Selalu pantau aplikasi SIM PKB anda. Saya yakin 99 % guru saat ini sudah menggunakan smartphone. Silakan login d aplikasi SIM PKB, simpan passwordnya biar tidak perlu login lagi. SIM PKB saat ini digunakan untuk banyak keperluan termasuk mengecek info gtk (bisa untuk cek penerbitan SK TPG, untuk cek penerbitan SK Insentif), untuk mengecek riwayat capaian UKG, untuk pengelolaan diklat PKB.

Informasi yang sangat anda perlukan saat ini adalah tentang pendaftaran PPG juga ada di aplikasi SIM PKB, maka selalu login di aplikasi SIM PKB, saran saya jika pada masa pendaftaran PPG ini silakan minimal 1 x sehari bukan SIM PKB nya secara mandiri tidak meminta bantuan orang lain untuk membuka SIM PKB.

Kita kembali membahas surat perpanjangan pendaftaran pretest PPG dalam jabatan, dalam Surat terbaru tersebut disebutkan bahwa waktu pendaftaran pretest PPG Dalam Jabatan diperpanjang sesuai jadwal berikut :

dan menindaklanjuti surat Direktur Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan , Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan No 4184/84/GT/2018 tanggal 15 Februari 2018 tentang pendaftaran Calon Peserta PPG Dalam Jabatan, Dengan mempertimbangkan progress pendaftaran sampai dengan akhir februari 2018 bahwa jumlah guru yang mendaftar belum mencapai target yang diharapkan .

Sehubungan dengan hal tersebut , dengan hormat kami sampaikan bahwa sebagai berikut :
1.  Pendaftaran Calon Peserta Pretest PPG Dalam Jabatan berakhir pada 31 Maret 2018. ( Dilakukan oleh guru )

2. Verifikasi dan Validasi linieritas antara bidang studi PPG dengan ijasah S-1/D-IV berkahir pada tanggal 6 April 2018. (Dilakukan oleh LPMP, namun guru wajib memantau di SIM PKB untuk melihat hasil verifikasi )

3. Penempatan calon peserta Pretest PPG Dalam Jabatan ke TUK (Tempat Uji Kompetensi) tanggal 9 – 13 April 2018. (Dilakukan oleh LPMP atau Dinas )

4. Cetak kartu calon peserta PPG dalam jabatan tanggal 16 – 20 April 2018. (Dilakukan secara mandiri oleh guru calon peserta pretest)

5. Pelaksanaan Pretest PPG Dalam Jabatan di TUK (Tempat Uji Kompetensi) tanggal 2 – 15 Mei 2018. (guru wajib mengikuti pretest sesuai jadwal)

Bapak ibu yang saya hormati, bapak ibu sudah tahu kan jadwalnya saat ini?

Segeralah daftar PPG jika memenuhi syarat. Saya harap tidak ada lagi yang ketinggalan informasi dalam mendaftar PPG dalam jabatan.

Bapak ibu sudah tahu kan caranya agar tidak ketinggalan informasi lagi?
Silakan selalu pantau simpkb,dan cari informasi yang benar tentang PPG dalam jabatan (bukan hoax) . Saya berharap bapak ibu guru selalu update informasi secara mandiri tentang informasi yang berguna.

dan Itu penjelasan singkat mengenai Perpanjangan Waktu Pendaftaran Pretest Calon Peserta PPG Dalam Jabatan Tahun 2018 yang dapat admin DHGTK bagikan. Semoga bermanfaat. Lebih jelasnya lagi. Silahkan Simpan FILEnya di bawah ini yaaa..
loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mantap Waktu Pendaftaran Pretest Calon Peserta PPG Dalam Jabatan Tahun 2018 Di Perpanjang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...