cara mengatasi dapodik We are sorry, but something went terribly wrong

dhgtk.com: WE ARE SORRY, BUT SOMETHING WENT TERRIBLY WRONG adalah terjadi karena DAPODIKDB nya tidak berjalan atau running pada sitem windows, terkadang berbagai upaya sudah kita lakukan agar DAPODIKDB nya running namun selalu gagal sehingga dapodik kita tidak bisa buka.  Yang menjadi maslah adalah ketika data sudah kita input tetapi belum melakukan sinkronisasi sehingga data yang sudah kita input tersebut akan hilang dengan percuma, apalagi waktunya sudah mepet.

untuk menghadapi hal seperti ini kita harus tenang jangan terlalu panik karena kepanikan akan membuat kita semakin pusing, untuk menjawab permasalahan diatas saya sudah pernah mengalami hal tersebut dan syukurnya sukses tanpa harus menginput ulang, walaupun harus berspekulasi dengan menginstal ulang aplikasi dapodiknya, eeeetttttttssssssssssss jangan terburu buru menginstal ulang dapodiknya karena akan merugikan kita jika belum menyimak langkah langkahnya dibawah ini,...

baiklah langsung saja kita ke sebuah intinya :tahap pertama, silahkan agan buka terlebih dahulu SERVICES caranya masuk ke search terus tulis services silahkan tekan enter nanti akan keluar seperti gambar berikut ini,  lalu cari dapodikdb lihat statusnya running atau tidak, jika tidak running silahkan klik kanan pilih star nanti akan ada proses akhirnya, jika running makan silahkan buka aplikasi dapodiknya berarti tidak bermasalah TETAPI jika masih tidak bisa running berarti memang data aplikasi dapodik kita eror, jika tidak bisa silahkan lanjutkan membaca tahap kedua. 

ahap kedua, setelah melakukan tahap diatas tidak berhasi maka langkah selanjutnya kita selamatkan terlebih dahulu data yang sudah kita input sebelum kita melakukan instal ulang dapodiknya cara nya kita masuk ke bagian dimana tempat penginstalan dapodik kita misal driver c/program files (86)/dapodik/database silahkan kalian copy folder database pindahkan driver lain misal di driver d, agar data tersebut ketika kita uninstal dapodiknya data tersebut tidak hilang karena data hasil inputan kita semuanya masuk di folder tersebut. kalaupun masih kurang puas copy saja mulai dari folder dapodiknya. setelah kita pastikan datanya sudah kita pindah kan, maka silahkan lakukan uninstal dapodiknya dan lakukan instal ulang seperti biasanya menggunakan prefil yang lama tidak masalah sampai kita bisa login ke dapodik.

tahap ketiga,  jika sudah kita instal uang dapodiknya maka langkah ini akan memakan waktu yang lama karena satu persatu kita akan lakukan. simak baik baik ya karena langkah ini langkah terahir untuk mengembalikan data kita

•    silahkan agan buka folder yang agan pindahkan tadi cari folder database didalamnya ada folder base silahkan copykan ke tempat penginstalan dapodik kita driver c/program files(86)/dapodik/database/kita pastekan foleder tersebut jika ada peringatan silahkan pilih reflace az karna datanya akan tertimpa.

•    setelah itu buka lagi hasil data pindahan kita tdi cari folder pg_xlog caranya sama dengan yang diatas kita paste kan lagi di dalam forder database. sampai disini silahkan agan buka SERVICES seperti gambar di atas lakukan star pada DAPODIKDBnya jika running maka coba buka dapodiknya dan lakukan login periksa semua data yang kita inputkan apakah berhasi atau tidak. mudah mudahan berhasil karena pengalaman saya sudah pernah melakukannya dan alhasil BERHASIL.

•    jika masih tidak berubah data kita tetapi dapodiknya masih bisa dibuka dan tidak eror maka kita lanjutkan pindahkan data yang kita simpan di driver yang lain tadi cari folder global caranya sama dengan di atas pindahkan di tempat penginstaln dapodik kita. lakukan star lagi pada services dan lakukan login insyaallah berhasil.

Sebelumnya Aplikasi Dapodik v2018a berjalan lancar di komputer, namun ada pemberitahuan bahwa ada update Aplikasi Dapodik v2018b tersedia. Berhubung update “katanya” bisa dilakukan secara online karena ada menu “Gunakan Tombol di bawah ini untuk mengecek ketersediaan pembaruan aplikasi” maka saya mencoba melakukan update dan berhasil sukses.

Namun apa yang terjadi?

ketika dapodik dibuka malah muncul 

“We are sorry, but something went terribly wrong”


Meskipun telah mencoba refresh browser bahkan merestar laptop, hasil tetap muncul “We are sorry, but something went terribly wrong”. Wah, kerjaan lagi nih.

Nah inilah Solusinya

Segera buka halaman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan dan pilih menu updater

Bagi Anda yang memiliki kendala pada saat memperbaharui Aplikasi Dapodik Anda secara online, silahkan gunakan updater secara offline y

Setelah, download berhasil, jalankan patch Dapodik 2018b yang versi terbaru ya hingga selesai. dan Mudah-mudahan Aplikasi Dapodik andaa dapat lancar kembali (saya berhasil). Kalau belum berhasil, terpaksa instal ulang.

intinya pakai aplikasi dapodik terbaru dan patch dapodik versi terbaru y

dan itulah pengalaman singkat saya saat mengahadapi dapodik saya yang sedang eroor. “We are sorry, but something went terribly wrong”

semoga artikel kali ini bisa membantu teman semua y, dan jangan lupa di share y jika artikel ini bermanfaat
loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "cara mengatasi dapodik We are sorry, but something went terribly wrong"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...