Inilah Buku Panduan Penggunaan Aplikasi Takola SMK

Buku Panduan Penggunaan Aplikasi Takola SMK - Direktorat Pembinaan SMK Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah merilis sebuah aplikasi baru bernama Aplikasi Takola.

Aplikasi Takola SMK adalah aplikasi berbasis web terintegrasi dengan DAPODIK sebagai sumber data yang digunakan untuk mengelola proses pengusulan, penetapan, monitoring dan pelaporan bantuan-bantuan yang diberikan oleh Direktorat Pembinaan SMK kepada Sekolah.
Buku Panduan Penggunaan Aplikasi Takola SMK

Dalam Kata Pengantar Buku Panduan Penggunaan Aplikasi Takola SMK Dr. Ir. M. Bakrun, M.M menyampaikan Sistem Manajemen Aplikasi TAKOLA SMK pada hakikatny adalah merupakan suatu sistem yang mengendalikan proses managemen pemberian bantuan kepada sekolah dari mulai tahapan pengusulan oleh sekolah, tahap verifikasi ulang data sekolah, tahap pengajuan pengesahan ke Dinas Pendidikan Provinsi hingga pada proses penentuan calon penerima bantuan oleh Direktirat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan dan pelaporan pelaksanaan bantuan sekolah kembali.

Sistem ini diharapakan dapat memaksimalkan dan meningkatkan efisiensi dalam proses pemberian bantuan dan monitoring tahapan pelaksanaan bantuan di sekolah sehingga seluruh proses dapat terpantau dan terkoordinasi dengan baik.

Buku manual Panduan Penggunaan Aplikasi TAKOLA SMK ini mempunyai peran straregis mengingat besarnya peran sekolah dalam aplikasi TAKOLA SMK, terutama sebagai acuan dalam pengoprasian sistem ini.

Buku ini tidak hanya bermanfaat bagi Direktorat Pembinaan SMK selaku pengelola utama aplikasi TAKOLA SMK, namun juga sangat bermanfaat bagi Dinas Pendidikan Provinsi selaku Instansi yang membawahi sekolah langsung khusus nya sekolah menengah kejuruan yang merupakan ujung tombak pengguna aplikasi TAKOLA SMK ini.

Setelah SMK merilies Aplikasi Takola pada tahun ini, akhirnya TAKOLA  untuk SD juga dirilies, aplikasi ini lebih dikhususkan untuk mendata seluruh sekolah yang belum mempunyai Ruang Kelas Baru, Unit Sekolah Baru, Ruang Praktek, Sarpras, rehab ruang kelas, dan laboratorium. 

Dengan riliesnya aplikasi ini pihak sekolah lebih mudah dalam melakukan pengajuan ke pusat tanpa menggunakan yang namanya Proposal. Takola baru diriles versi 1.0, bedanya aplikasi takola SD dengan SMK dalam masalah Aplikasinya. Smk masih menggunakan sistem aplikasi Online seperti pencairan PIP yaitu SIIP, dan sifatnya wajib di isi melalui Online, tetapi untuk SD lebih dibuat dalam bentuk aplikasi yang berextention Exe. 

Untuk mengisinya bisa dengan menggunakan Offline tanpa internet, hal itu lebih dipermudah lagi karena sistemnya seperti dapodik. Untuk data kongkritnya menggunakan data yang ada dalam dapodik yang sudah anda sinkron, maka dari itu silahkan di isi dengan lengkap dan sebenar-benarnya di Dapodik anda, karena pemerintah akan melihat langsung ke Takola anda.

Pada tahun 2016 ini Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia merilis program Tata Kelola Sekolah Dasar (Takola SD). Program Takola SD ini merupakan salah satu bagian dari reformasi birokrasi yang dicanangkan Kemdikbud dalam hal pengelolaan penyaluran bantuan ke Sekolah Dasar dari dana yang bersumber dari APBN. Dengan adanya program Takola SD diharapkan keakuratan data calon penerima bantuan sehingga penyaluran dana lebih tepat sasaran.

Untuk mempermudah dalam pelaksanaan program tersebut Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar mengembangkan aplikasi berbasis android yang bernama Takola SD. Aplikasi Tata Kelola Sekolah Dasar (TAKOLA SD) ini merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk membantu verifikator yang bertugas dilapangan untuk memverifikasi data penerima bantuan rehabilitasi, perpustakaan maupun ruang kelas baru sebagai pengganti mekanisme proposal.

Untuk mendaftar Takola SD anda bisa mendaftar di laman ini http://takola.ditpsd.net/registration

Tujuan Aplikasi Takola SMK

Adapun tujuan yang akan dicapai dari aplikasi ini adalah :
  1. Meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses pemberian bantuan kepada
  2. Meningkatkan transparasi dan akuntabilitas pengelolaan bantuan
  3. Memudahkan sekolah proses monitoring terhadap proses pelaksanaan bantuan
  4. Meningkatkan tata kelola dokumentasi dan pelaporan pelaksanaan bantuan

Daftar Isi Buku Panduan Aplikasi Takola

Buku Panduan Aplikasi Takola SMK memuat isi sebagai berikut:

Kata Pengantar

Daftar Isi

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

B. Pengertian

C. Tujuan

BAB II PENGGUNA TAKOLA

A. Sekolah

B. Ketua MKKS

C. Dinas Pendidikan Provinsi

D. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan

PENUTUP

Download Buku Panduan Aplikasi Takola SMK

Buku Panduan Aplikasi Takola SMK dengan format pdf bisa anda unduh pada link di bawah ini:

SIMPAN FILE VIA GOOGLE DRIVE

Demikianlah informasi mengenai Buku Panduan Aplikasi Takola SMK yang dapat kami sampaikan kepada anda semuaya.
loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Inilah Buku Panduan Penggunaan Aplikasi Takola SMK "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...